Skripsi
Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi kasus pada Mahasiswa FISIP Undip Pengguna Jasa Transportasi Online Go-Jek)
Sektor jasa transportasi merupakan salah satu sektor jasa yang dibutuhkan masyarakat, kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi tentu harus diperhatikan. Kini di Indonesia terdapat sebuah layanan ojek online yang memungkinkan penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Go-Jek merupakan salah satu sarana transportasi online yang memiliki konsumen cukup banyak, akan tetapi masih banyaknya masalah dalam Go-Jek menyebabkan konsumen masih merasa ragu untuk menggunakan, terbukti dari belum tercapainya target dan realisasi transaksi Go-Jek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara variabel Service Quality dan Online Servicescape terhadap Keputusan Pembelian, dan pengaruh tidak langsung Service Quality dan Online Servicescape terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image pada pengguna Go-Jek di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan Insidental Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden mahasiswa S1 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Diponegoro yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis olah data dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Uji pengaruh tidak langsung pada model penelitian juga menunjukkan hasil positif dan signifikan. Peneliti memberikan saran kepada pihak Go-Jek untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperketat SOP (Standar Operasional Prosedur) driver supaya konsumen merasa nyaman, lalu memperbaiki kualitas visual aplikasi dan website Go-Jek, bekerja sama dengan partner influencer yang memiliki network kuat agar bisa bertukar pelanggan, dan lebih banyak melakukan promosi ke media yang dekat dengan konsumen potensial.
21 BIS 2019 | 658 | PERPUSTAKAAN FISIP UNDIP (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain