Skripsi
PENGARUH DESTINATION BRANDING DAN PRODUK WISATA TERHADAP WORD OF MOUTH MELALUI NIAT BERKUNJUNG KEMBALI (Studi pada Wisata Alam Goa Kreo)
Jumlah kunjungan wisatawan dari triwulan 1 2014 sampai triwulan 1 2015
terjadi fluktuatif dan cenderung menurun. Sedangkan dari hasil pra penelitian, di
dapatkan ketidak puasan pengunjung terhadap produk wisata, selain itu
citra/image yang dibayangkan pengunjung, sedikit berbeda dengan yang ada di
Goa Keo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Destination Branding
dan Produk Wisata terhadap Niat Berkunjung Kembali melalui Word of Mouth di
Objek Wisata Goa Kreo. Tipe penelitian ini adalah eksplanatory research, di
mana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan alat bantu kuesioner,
Sampel yang dipilih berjumlah 100 orang dengan accidental sampling dan
purposive sampling. Responden tersebut adalah pengunjung Objek Wisata Goa
Kreo yang sudah pernah berkunjung ke Goa Kreo dan mengetahui informasi Goa
Kreo dari orang lain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif nilai
destination branding dan produk wisata terhadap word of mouth, dan word of
mouth terhadap niat berkunjung kembali. Berdasarkan hasil analisis regresi dua
tahap diketahui variabel destination branding dan produk wisata berpengaruh
terhadap word of mouth, selanjutnya variabel destination branding berpengaruh
positif terhadap niat berkunjung kembali. Hasil tersebut didapat dengan
menganalisis data primer menggunakann uji validitas, uji reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, regresi linier
berganda,regresi dua tahap dan uji signifikansi (uji t dan F) dengan SPSS 16.0.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyarankan agar pengelola Objek
Wisata Goa Kreo lebih meningkatkan produk wisata, yaitu menambah penunjuk
arah jalan ke Goa Kreo, meningkatkan atraksi wisata, memperbaiki fasilitas dan
lebih aktif dalam menawarkan guide kepada pengunjung,
1859 BIS 2017 | 658 | PERPUSTAKAAN FISIP UNDIP (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain