Skripsi
PENGARUH LOKASI, MERCHANDISE DAN ATMOSFER DALAM GERAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GELAEL SIGNATURE MALL CIPUTRA SEMARANG
Pertumbuhan bisnis ritel modern di Indonesia saat ini telah menunjukkan
perkembangan yang sangat pesat dan memiliki prospek yang menjanjikan di masa
yang akan datang. Pertumbuhan ritel ini menyebabkan perusahaan sejenis
bersaing untuk menarik konsumen dan mempertahankan pelanggan dengan
menggunakan strategi pemasaran ritel yang mereka miliki. Salah satu ritel yang
masih bertahan hingga sekarang yaitu Gelael Signature.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, merchandise,
dan atmosfer dalam gerai terhadap keputusan pembelian konsumen pada Gelael
Signature Mall Ciputra Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory
research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling
dengan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100
responden, yang merupakan konsumen Gelael Signature. Penelitian yang
digunakan untuk mengetahui pengaruh lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam
gerai terhadap keputusan pembelian konsumen menggunakan statistik dengan
bantuan sistem IBM SPSS versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian dengan menyumbang 32,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
faktor selain lokasi. Merchandise berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dengan menyumbang 15,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain
merchandise. Atmosfer dalam gerai berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dengan menyumbang 34,7%. Sedangkan, secara simultan lokasi, merchandise,
dan atmosfer dalam gerai berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan
menyumbang 44,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain lokasi,
merchandise, dan atmosfer dalam gerai. Berdasarkan perhitungan Uji F
menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh signifikan lokasi, merchandise,
dan atmosfer dalam gerai terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin baik
lokasi, merchandise, dan atmosfer dalam gerai maka semakin tinggi keputusan
pembelian konsumen pada Gelael Signature Mall Ciputra Semarang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar Gelael
berkoordinasi dengan pihak Mall untuk menyediakan tempat parkir yang luas dan
aman, menyediakan stok barang serta meningkatkan atmosfer dalam gerai.
1984 BIS 2018 | 658 | PERPUSTAKAAN FISIP UNDIP (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain